Search This Blog

Monday, May 26, 2014

Icomsat v1.1 Update on C#

pada posting blogger sebelumnya, komunikasi netduino dan icomsat masih dalam bentuk Vb. nah kali ini kita adaptasikan dari driver yang di rilis oleh SeedStudio. dengan sedikit modifikasi pada driver ini, hampir semua fitur dalam GSM communication bisa dilakukan.

berikut ini adalah class untuk GSM icomsat yang sudah disesuaikan. Click Here

yuk kita diskusi sedikit mengenai bagaimana class ini bekerja dan digunakan. dibawah ini adalah class diagram yang digunakan pada Data logger yang dibangun pada peneletian sebelumnya (mau baca jurnal  nya click here). mari kita fokus pada class GSM_modem. method yang biasa dipakai adalah layanan mengirim SMS, baca, hapus, dan menerima panggilan dan memutuskannya. semua hal tersebut akan lebih mudah ketika kita sudah terbiasa dengan AT Command yang digunakan dalam komunikasi serial antara icomsat v1.1 dan Netduino. Tips: Jangan pusingkan diri kita dengan fitur yang tidak kita gunakan.

perlu dicatat bahwa Pada Icomsat V1.1 pin 8 dan 9 merupakan pin yang dapat mengakses tombol Reset dan Power pada modul tersebut. (baca datasheet) so pastikan dalam software yang dibangun, pin ini tidak digunakan oleh apapun, karena biasanya menjadi penyebab GSM tidak bisa menyala. untuk dapat menggunakan Class ini deklarasikan ia sebagai objek pada software kita.

private static GSM_modem modem = new GSM_modem();

dalam tanda kurung bisa diisi untuk keperluan individu, namun untuk default setting biarkan ia kosong.

selanjutnya untuk mengetahui apakah GSM tersebut sudah dapat menerima command dari netduino kita bisa lakukan method.

modem.ATnF(); jika di respon "OK" maka kelas dan modul sudah siap untuk kita gunakan.

metod Hit Power Button ini diperlukan untuk mematikan dan menghidupkan modem melalui system. begitu juga dengan Hit Resetbtn.

pengembangan berikutnya adalah membuat method untuk dapat berkomunikasi melalui jaringan Internet.

semoga bermanfaat



No comments:

Post a Comment